Selasa, 04 Maret 2008

Indonesia Akan Jadi Tuan Rumah Pertemuan Tentang Myanmar

Indonesia diperkirakan akan menjadi tuan rumah pertemuan kelompok 14 negara yang akan membantu Sekjend PBB Ban Ki Moon dalam upayanya untuk mendorong perubahan di Myanmar, kata seorang pejabat jum’at (01/03). Juru bicara Menteri Luar Negeri, Kristiarto Legowo baru-baru ini menolak untuk menjawab pertanyaan apakah pertemuan ini akan dilaksanakan di Indonesia.

Namun, ketika ditanya apakah Ibrahim Gambari menyampaikan proposal pertemuan untuk diselenggarakan di Jakarta pada saat kunjungannya ke Indonesia minggu lalu, Legowo mengatakan, “Hal tersebut sudah dibicarakan, tetapi masih terlalu dini”. “Kami perlu mendiskusikan lagi secara lebih mendalam, misalnya tentang bahan-bahannya”.

Gagasan ini muncul sebagai kelanjutan dari saran yang disampaikan oleh para penasehat PBB bahwa Sekjend perlu menggelar pertemuan (tentang Myanmar) berikutnya di Ibu kota Negara Asia misalnya Jakarta atau Beijing, sehingga akan membuat Negara di kawasan tersebut lebih berkomitmen dan terlibat dalam upaya mediasi oleh PBB.

The Group of Friends of the Secretary General on Myanmar adalah sebuah forum konsultatif untuk membangun pendekatan yang tepat dalam mendukung implementasi mandate Sekjend tentang Myanmar. Kelompok yang terdiri atas Australia, Indonesia, Russia, the United States, China, Japan, Singapore, Vietnam, France, Norway, Thailand, India, Portugal and Britain, in bertemu secara informal di kantor pusat PBB di New York bulan desember dan awal bulan ini.

Japan Economic Newswire: Indonesia may host meeting of group on Myanmar, Fri 29 Feb 2008

Tidak ada komentar: