Jumat, 01 Februari 2008

Suu Kyi Bertemu Koleganya

Ikon demokrasi Burma Aung San Suu Kyi telah diijinkan bertemu kolega partianya untuk kedua kalinya sejak kejadian penmbantian berdarah tahun lalu. Pejabat pemerintah membawa Suu Kyi ke sebuah gedung pertemuan militer untuk bertemu dengan tujuh pimpinan tertinggi partainya (NLD). Terakhir kali dia mendapat kesepamtan bertemu koleganya pada bulan November 2007.

Pertemuan tersebut terkait dengan tekanan internasional yang berkelanjutan terhadap pemimpin Burma setelah tentara menggunakan aksi kekerasan untuk menghentikan aksi protes. Sekurangnya 31 orang tewas dalam aksi pembantaian tersebut dan ribuan lainnya ditahan. Ratusan orang masih dalam tahanan sampai hari ini.

Setlah kejadian aksi kekerasan tersebut, PBB menuntut dimulainya dialog antara Junta militer dengan pemimpin gerakan demokrasi, Suu Kyi. Pejabat penghubung pemerintah, Aung Kyi, telah melakukan serangkaian pertemuan dengan Suu Kyi. Setidaknya empat pertemuan telah digelar, namun belum ada kesepakatan yang jelas, meskipun telah dicapai banyak kemajuan.

NLD memenangi pemilu pada tahun 1990, namun tidak diijinkan untuk memegang kekuasaan. Suu Kyi telah menjalani 12 dari 18 tahun masa tahanan rumah di ibu kota perdagangan, Rangoon.

BBC News: Burma’s Suu Kyi meets colleagues, Wed 30 Jan 2008

Tidak ada komentar: