Kamis, 14 Mei 2009

ASEAN harus menjamin pemimpin demokrasi Myanmar dalam kondisi sehat dan bebas.

ASEAN Inter-Parliamentary Myanmar Caucus (AIPMC) sangat khawatir dengan kurangnya pengawasan terhadap kesehatan, bagi Aung San Suu Kyi dari pemerintah junta militer.

AIPMC berulang kali meminta diberikannya perhatian kesehatan yang cukup bagi Aung San Suu Kyi terutama berdasarkan laporan Suu Kyi menderita tekanan darah rendah, dehidrasi dan kesulitan untuk makan.

Anggota Parlemen dari Negara-negara ASEAN meminta dengan tegas pemimpin Negara-negara ASEAN dan misi-misi luar negerinya untuk melakukan usaha-usaha yang menjamin rejim militer tunduk pada prinsip dasar hak asasi manusia seperti yang terdapat dalam Piagam ASEAN.

Walaupun berdasarkan laporan terakhir menunjukkan kesehatan Aung San Suu Kyi membaik, dari kondisi beberapa hari yang lalu, pemimpin Negara-negara ASEAN seharunya bertindak segera untuk menunjukkan ketidaksetujuan terhadap tindakan junta militer dalam mengatur pemberian perawatan kesehatan bagi Aung San Suu Kyi.

AIPMC lebih lanjut khawatir dengan laporan dari dokter pribadi Aung San Suu Kyi, Dr. Tin Myo Win, yang ditangkap oleh pemerintah dan dilarang untuk bertemu dengan pasiennya pada waktu yang kritis. AIPMC khawatir terhadap keselamatan dan keamanan dari kepala dokter Aung San Suu Kyi dan dampaknya bagi kesehatannya.

AIPMC meminta junta militer untuk memperbolehkan Aung San Suu Kyi diperiksa dan dirawat oleh dokter pribadinya, Dr. Tin Myo Win secepatnya.

Sebagai tambahan, waktu penahanan Aung San Suu Kyi akan berakhir pada bulan Mei ini. Ia telah menjalani tahanan rumah secara terus menerus selama enam tahun. Pemerintah junta belum menunjukkan tanda-tanda mereka akan memperpanjang masa tahanan. Perpanjangan masa tahanan merupakan pelanggaran dari hukum nasional dan tekanan terhadap keadilan.

AIPMC mendukung semua permintaan dari komunitas internasional untuk membebaskan Aung San Suu Kyi dan meminta agar para pemimpin dunia dan Sekretaris Jendral PBB untuk menggunakan segala cara agar menjamin pemerintah militer junta tidak memperpanjang masa tahanan Aung San Suu Kyi.

Menjamin kebebasannya merupakan hal penting disaat kesehatannya menurun.

Tidak ada komentar: