Selasa, 19 Mei 2009

AIPMC Desak ASEAN Perhatikan Kesehatan Suu Kyi

Berita Sore: Anggota parlemen yang tergabung dalam “ASEAN Inter-Parliamentary Myanmar Causus (AIPMC)” mendesak pemimpin negara ASEAN untuk memperhatikan kesehatan Aung San Suu Kyi.

Pernyataan ini di keluarkan oleh AIPMC melalui siaran persnya, yang mengkhawatirkan menurunnya kondisi kesehatan pemimpin demokrasi Myanmar itu setelah menjalani masa tahanan rumah selama enam tahun terus-menerus.

Berdasarkan laporan yang diterima AIPMC, kondisi kesehatan Suu Kyi sudah membaik belakangan ini setelah sebelumnya dikabarkan menderita tekanan darah rendah, dehidrasi dan kesulitan makan.

AIPMC berulang kali meminta perhatian kesehatan untuk Suu Kyi agar pemimpin negara-negara ASEAN seharusnya bertindak segera untuk menunjukan ketidaksetujuan atas tindakan kesehatan junta militer.

Semasa kesehatan Suu Kyi menurun, diberitahukan bahwa dokter pribadi Suu Kyi, Dr.Tin Myo Win juga ditangkap oleh pemerintah dan dilarang untuk bertemu pasiennya.
AIPMC kemudian juga mengkhawatirkan keselamatan dan dan keamanan kepala dokter serta dampaknya bagi kesehatan Suu Kyi, kemudian meminta Junta militer untuk memperbolehkan Suu Kyi dirawat oleh dokter pribadinya.

AIPMC kemudian juga menegaskan ASEAN harus dapat menjamin kesehatan Suu Kyi pada saat ia dibebaskan. Sejauh ini belum ada tanda-tanda perpanjangan masa penahanannya dari masa penahanannya yang akan berakhirpada bulan Mei ini.

Perpanjangan masa tahanan merupakan pelanggaran dari hukum internasional dan tekanan terhadap keadilan, kata AIPMC yang juga mendesak agar junta militer untuk tunduk pada prinsip dasar hak azasi manusia. ( ant )

Tidak ada komentar: